Manfaat Bermain Game Untuk Anak Muda

Manfaat Bermain Game Untuk Anak Muda

Di antara beberapa game atau permainan yang paling populer dimainkan secara online adalah game World of Warcraft, dimana ada lebih dari dua belas juta pemain yang bermain secara bersamaan, untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang seru, dimana terdapat pertempuran melawan player lain atau melawan komputer lawan, dan menjelajahi dunia maya kompleks. Minecraft memiliki jutaan pemain menggunakan unsur-unsur sederhana untuk membangun struktur rumit dan mekanisme, dimana kemudian dapat dibagikan secara online dan menciptakan bentuk bangunan di dunia maya. Dalam The Sims 3, pemain dapat menciptakan realitas virtual di mana karakter simulasi dapat berinteraksi dengan karakter lain secara online, untuk belajar keterampilan baru, bekerja dan bermain di lingkungan, serta membentuk hubungan yang kompleks. Dari semua contoh game ini, terdapat kesamaan, bahwa memang ada manfaat dari bermain game, terutama untuk anak muda. Berikut akan kami bahas beberapa manfaatnya.

Perkembangan kognitif

Penelitian terhadap game action menunjukkan peningkatan kemampuan rotasi mental, pemindahan perhatian lebih cepat dan lebih akurat, resolusi spasial yang lebih tinggi dalam mengolah visual. Studi meta-analisis menunjukkan bahwa keterampilan spasial dapat dipelajari dalam waktu yang relatif singkat dengan bermain video game, dan hasilnya sering dibandingkan dengan pelatihan program pendidikan formal yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan yang sama.

Motivasi

Dengan mengatur tugas atau misi tertentu dalam game, memungkinkan anak muda untuk bekerja melalui rintangan untuk menyelesaikan misi tersebut, video game dapat membantu meningkatkan harga diri dan membantu anak-anak belajar nilai ketekunan. Pemain video game menjadi mampu memecahkan masalah dan mencapai keahlian yang lebih tinggi, dimana pemain dapat belajar untuk melihat diri mereka memiliki keterampilan dan kecerdasan yang mungkin tidak mereka sadari.

Emosi

Bagi kebanyakan pemain, video game yang dimainkan untuk kesenangan dan untuk membantu meningkatkan suasana hati mereka. Seiring dengan mengalihkan mereka dari masalah di dunia nyata (perhatian khusus bagi anak muda yang mencari melarikan diri dari intimidasi atau situasi kehidupan negatif lainnya), berhasil dalam video game dapat menyebabkan perasaan positif, mengurangi kecemasan, dan menjadi lebih santai. Banyak gamer mengaku mendapatkan emosi yang intens akan kebanggaan dan prestasi ketika mereka bermain game, yang membuat mereka merasakan perasaan seperti “membawa mereka keluar dari diri mereka sendiri.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *